Berita
10 Tips Keren untuk Nabung dan Bangun Dana Daruratmu!
SHAFIQ Administrator
Selasa, 18-07-23

Tips Menabung Milenial | 3 min read
Apa kabar SHAFIQers?

Kerja bertahun-tahun tidak bisa menabung?
Malah terjerat rayuan pinjol?

Mengutip detik news, saat ini banyak masyarakat terjerat hutang ke layanan fintech lending atau pinjaman online (pinjol) yang nilainya menembus Rp 10,3 triliun. "Total utangnya ini fantastis, Rp 10,35 triliun akumulasinya.
Angka ini lebih besar dari APBD Yogyakarta, hampir setengah APBD Jawa Tengah," ujar anggota DPRD DKI Jakarta Suhud Alynudin saat rapat bersama di Ruang Rapat Komisi B DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2023).

Jangan-jangan kamu juga terjerat hutang? Wah... jangan sampai deh, nggak bahaya ta?

Makanya nabung aja daripada terjerat pinjol, istilahnya 'menunda kesenangan' agar tidak sengsara karena hutang. Manfaat menabung di masa muda salah satunya adalah memiliki waktu yang tepat untuk membangun masa depan keuangan yang solid. Jangan biarkan uang menguap begitu saja!

Terkadang keuangan di usia muda belum dikelola dengan baik karena masih merasa belum membutuhkannya. Padahal sejak dini memiliki pengelolaan finansial akan menjadikan lebih mudah menghadapi berbagai kebutuhan di masa akan datang.

Dengan mengikuti 10 tips keren ini, kamu bisa menghemat uang dan membangun dana darurat untuk masa depan yang cerah.

  1. Jangan suka menyimpan barang yang tidak perlu
    Jual barang-barang bekasmu! Dari pakaian hingga gadget, jual barang-barang bekas yang tidak lagi kamu butuhkan. Platform online dan aplikasi jual-beli barang second sangat populer di kalangan milenial. Saatnya memanfaatkan kekuatan teknologi untuk menghasilkan uang tambahan!

  2. Manfaatkan Finance App
    Gunakan aplikasi keuangan dapat membantumu melacak pengeluaran dan mengatur anggaran harian atau bulanan. Tahu di mana uangmu mengalir adalah langkah penting dalam menghemat. Ikuti berbagai webinar seputar finansial yang menambah pengetahuan finansial kamu.

  3. Join Investasi Tanpa Ribet berbasis Digital
    Muncul berbagai aplikasi digital untuk investasi akan memberikan peluang bagi milenial untuk memulai investasi dengan modal kecil. Mulailah mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk berinvestasi demi pertumbuhan keuangan jangka panjang. Pilih penyelenggara investasi yang legal dan tidak ada pelanggaran syariah.

  4. Cari Diskon Online sesuai Kebutuhan
    Jangan ragu mencari kode promo atau diskon online sebelum membeli barang atau jasa. Aplikasi marketplace saat ini berlomba-lomba memberikan pengalaman konsumen dengan berbagai promo spesial. Manfaatkan promo tersebut untuk memenuhi kebutuhan saja ya! Jangan malah membeli barang-barang yang tidak perlu atau mubazir.

  5. Berbagai Cara Menabung dan Saling Memberi Insight
    Ajak teman-temanmu untuk bersama-sama menabung dengan tantangan tabungan yang menyenangkan. Buat target menabung seperti, cara menabung 10 juta dalam 3 bulan untuk membeli motor, cara menabung 50 juta dalam setahun untuk membeli tanah atau tips menabung harian. Ini akan meningkatkan motivasi dan menjaga semangat tetap tinggi!

  6. Lebih hemat dengan Bersama-sama
    Ketika harus mengeluarkan biaya untuk liburan, lakukan bersama teman agar lebih hemat dan terjangkau. Dengan cara saling membantu dan bersama akan membuat biaya lebih ringan, hal ini juga dapat diterapkan saat makan bersama, hadir event tertentu dan lainnya. Ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga menciptakan kenangan tak terlupakan bersama orang-orang terdekat.

  7. Jangan Terlena dengan Impulsif
    Manfaatkan 24 Jam untuk Berpikir Ulang sebelum melakukan sesuatu! Sebelum membeli barang mahal atau melakukan pembelian impulsif, berikan dirimu waktu 24 jam untuk berpikir ulang. Banyak keinginan impulsif akan memudar dengan waktu, dan kamu akan menyadari bahwa uangmu bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih penting. Jangan terpancing rayuan promo flash sale yang membuat kamu terburu-buru mengambil keputusan.

  8. Berburu Diskon Pameran atau Bazaar
    Carilah barang yang sesuai kebutuhan namun tetap berkualitas di pameran atau bazaar. Seru dan ramah anggaran! Kamu bisa menemukan pakaian fashion, perabotan rumah tangga, atau aksesoris unik dengan harga yang sangat terjangkau. Manfaatkan event cuci gudang yang menyebabkan harga lebih murah namun tetap mendapatkan produk yang berkualitas.

  9. Gaya Hidup Minimalis dan Sederhana
    Kurangi Barang yang Tidak Dibutuhkan! Konsep minimalis yang sedang tren saat ini bisa membantu menghemat uangmu. Belajarlah untuk hidup dengan lebih sederhana, memfokuskan pada barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan dan menghindari pemborosan.

  10. Otomatisasikan Tabungan dan Investasi
    Gunakan fitur otomatisasi di bank atau aplikasi investasi untuk mentransfer sebagian pendapatan ke rekening tabungan atau investasi setiap bulan. Ini memungkinkanmu untuk secara konsisten menyisihkan dana darurat dan membangun pertumbuhan keuangan yang stabil.
Bagaimana SHAFIQers sudah mulai terinspirasi? Dengan mengikuti tips-tips keren ini, kamu bisa menghemat uang dan membentuk dana darurat yang kuat, menjadikanmu lebih siap menghadapi masa depan finansial dengan percaya diri!

Namun tetap memiliki harta yang halal dan berkah adalah kunci kebahagian finansial di masa depan.

Semoga harta yang kita miliki diberikan keberkahan. Terutama di zaman ini, zaman yang sudah mendekati akhir zaman di mana orang-orang mulai tidak peduli dengan halal dan haramnya harta yang dia dapatkan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Akan datang suatu masa pada umat manusia, mereka tidak lagi peduli dengan cara untuk mendapatkan harta, apakah melalui cara yang halal ataukah dengan cara yang haram“. (HR. Bukhari)

Baca juga:
______________________
SHAFIQ adalah Securities Crowdfunding Syariah yang berizin dan diawasi OJK serta DSN-MUI. Dapatkan kesempatkan pendanaan bisnis tanpa melanggar syariah hingga 10 miliar.

Kamu juga dapat membantu UMKM atau Startup melalui SCF Syariah sebagai investor atau pemodal dalam investasi syariah dengan instrumen sukuk serta saham syariah.

Pelajari prospektus yang disajikan para penerbit dan gunakan uang dingin yang sesuai dengan profil risiko kamu.
Share