Berita
Memiliki Modal 1 Juta Bisa untuk Usaha Apa?
SHAFIQ Administrator
Selasa, 05-12-23

Usaha Modal Rp1 juta | 2 min read

Usaha apa yang dapat dilakukan masyarakat dengan modal minim, misalkan Rp1.000.000. Hal ini disebabkan tidak semua kalangan memiliki kemampuan finansial yang memadai untuk membuka bisnis dengan modal besar.

Namun tidak usaha minder karena banyak pebisnis besar yang diawali dengan modal pas-pasan. Sudah siap buka usaha atau masih bimbang nih?

Baca Juga: Usaha Sampingan Online untuk Raih Penghasilan Tambahan, Coba Ini!

Yuk kita bahas beberapa usaha yang dapat dibuka dengan modal Rp1 juta!

  1. Bisnis Kuliner Kecil-kecilan
    Misalnya, jualan kue kering, makanan ringan, atau minuman di lingkungan sekitar rumah. Mulailah dengan membuat produk yang sederhana dan menarik minat konsumen.

  2. Reseller Produk Digital atau Fisik
    Beli produk digital seperti e-book atau software yang memiliki hak untuk dijual kembali. Atau, bisa menjadi reseller produk fisik seperti pakaian, aksesoris, atau produk kecil lainnya dengan modal awal yang terjangkau.

  3. Bisnis berbasis Online
    Mulai dari menjadi penulis lepas, menjalankan toko daring, atau bahkan menjadi influencer di media sosial dengan membagikan konten-konten menarik.

  4. Menjadi Dropshipper
    Menjual produk-produk dari supplier tertentu tanpa perlu menyetok barang. Cukup promosikan produk tersebut dan jika ada yang membeli, supplier yang akan mengirimkan barang kepada konsumen. Pelajari bagaimana menjalankan dropshipper yang tidak melanggar syariah.

  5. Mengajar di Kelas Online
    Jika SHAFIQers memiliki keahlian atau pengetahuan dalam suatu bidang tertentu, seperti bahasa asing, desain grafis, atau keahlian teknis lainnya, bisa membuka kelas webinar atau mendaftar di platform e-course sebagai pengajar (trainer).
Baca Juga: Bagaimana Cara UMKM memperoleh Permodalan Usaha?

Uang Rp1 Juta: Ditabung atau Diinvestasikan?

Selain bisnis secara langsung ternyata uang 1 juta juga dapat diinvestasikan. Memang bisa hanya uang 1 juta? Cari tahu yuk!

Keputusan untuk menabung atau menginvestasikan uang 1 juta rupiah tergantung pada tujuan keuangan dan toleransi risiko.

  1. Ditabung
    Jika SHAFIQers membutuhkan uang tersebut dalam waktu dekat atau tidak siap dengan risiko investasi, menabung bisa menjadi pilihan yang lebih aman. Tabungan dapat digunakan sebagai cadangan dana darurat atau untuk kebutuhan mendesak lainnya.

  2. Diinvestasikan
    Jika SHAFIQers memiliki tujuan keuangan jangka panjang dan siap menghadapi risiko investasi, bisa mempertimbangkan investasi seperti sukuk, saham, atau properti. Dengan investasi, ada potensi bagi uang Anda untuk tumbuh lebih cepat daripada tabungan, namun ingat bahwa investasi juga melibatkan risiko kehilangan sebagian atau seluruh modal.
Sangat penting untuk melakukan riset lebih lanjut, berkonsultasi dengan ahli keuangan, dan mempertimbangkan situasi keuangan serta tujuan investasi sebelum membuat keputusan.

Baca Juga: Saatnya UMKM Bangkit dari Keterpurukan

Semoga penjelasan ini dapat membantu dalam memilih opsi usaha yang sesuai dengan modal yang dimiliki dan mempertimbangkan pilihan terbaik untuk mengelola uangmu.

Ingin ikut memajukan ekosistem syariah di Indonesia? Alhamdulillah di SHAFIQ, kamu sudah bisa berinvestasi mulai dari 1 juta rupiah. Pilih berbagai bisnis yang ditawarkan dan pastikan untuk menggunakan uang dingin saat berinvestasi ya!
______________________
SHAFIQ adalah ‘mini bursa’ yang mempertemukan para pengusaha UMKM atau Startup dengan para Pemodal. SHAFIAQ merupakan Platform Investasi Syariah berbasis teknologi digital yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta diawasi DSN-MUI.

  • Investasi pada efek (saham/ sukuk) mengandung RISIKO TINGGI yang seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi.

  • Sebelum berinvestasi, pastikan memahami skema bisnisnya melalui prospektus yang disampaikan.
Share